LAPORAN AKHIR 1 praktikum up & uc
1. Prosedur [Kembali]
1. Susun semua komponen.
2. Buat program menggunakan aplikasi Arduino IDE.
3. Unggah program ke Arduino setelah selesai.
4. Jalankan program pada simulasi dan uji dengan modul.
2. Buat program menggunakan aplikasi Arduino IDE.
3. Unggah program ke Arduino setelah selesai.
4. Jalankan program pada simulasi dan uji dengan modul.
2. Hardware dan Diagram Blok [Kembali]
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja [Kembali]
Berdasarkan gambar di atas, ketika keypad pada arduino master ditekan maka dengan komunikasi di arduino slave akan diproses yang nantinya akan muncul tulisan pada LCD. Inputan berupa keypad dan output berupa LCD. Ketika tombol 1-9 ditekan pada keypad maka akan muncul tampilan di LCD sesuai tombol yang ditekan
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]
Flowchart
Listing Program master
// MASTER
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'},
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {7, 6, 5, 4};
byte colPins[COLS] = {8, 9 , 10};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);void setup()
{
Serial.begin(9600);
}
void loop()
{
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey)
{
Serial.write(customKey);
}
delay(20);
}
- Arduino Slave
//SLAVE
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
char message;
void setup()
{
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop()
{
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
if (Serial.available())
{
message = Serial.read();
if (message)
{
lcd.print(message);}
}
}
5. Kondisi [Kembali]
percobaan 4 Modul 3
6. Video Simulasi [Kembali]
7. Link Download [Kembali]
Download HTML [Klik di sini]
Download file rangkaian [Klik di sini]
Download video rangkaian [Klik di sini]
Download program Arduino [Klik di sini]
Download datasheet Arduino [Klik di sini]
Komentar
Posting Komentar